Tata Tertib

Laboratorium Informatika

WEBSITE PRAKTIKUM

Praktikum Lab H :

praktikum.gunadarma.ac.id

Praktikum Lab E :

praktikum-iflab.gunadarma.ac.id


TATA TERTIB PRAKTIKUM

Tata Tertib Praktikum OFFLINE :


  1. Hadir ke ruangan praktikum LabTI dengan tepat waktu, maksimal keterlambatan 15 menit.
  2. Wajib mengenakan pakaian sesuai dengan aturan yang berlaku.
  3. Wajib membawa kartu praktikum yang sudah ditempel foto 2x3 dan dicap di setiap pertemuan praktikum.
  4. Mengerjakan task sesuai dengan waktu yang diinstruksikan oleh PJ.
  5. Wajib melapor ke hotline LabTI (online) atau meja pelayanan E535 (offline) jika berhalangan hadir ataupun terlambat dengan alasan tertentu.

Tata Tertib Praktikum ONLINE :


  1. Masuk ke website praktikum tepat waktu, maksimal keterlambatan 15 menit.
  2. Wajib menggunakan pakaian sesuai dengan aturan.
  3. Wajib join google meet dengan penamaan akun google : Kelas_Nama.
  4. Mengerjakan task sesuai jadwal praktikum.
  5. Wajib melapor ke hotline LabTI (online) atau meja pelayanan E535 (offline) jika berhalangan hadir ataupun terlambat dengan alasan tertentu.

Aturan Berpakaian PRAKTIKUM

Laki - Laki :


  1. Rambut rapih sesuai dengan ketentuan panjang rambut yaitu tidak melewati telinga dan kerah
  2. Mengenakan pakaian berupa kemeja dan bawahan yang sopan dan rapi dengan ketentuan sebagai berikut : Kemeja tidak tembus pandang/ketat/sobek, Kemeja tidak berbahan rajut/kaos, Kemeja wajib dimasukkan ke dalam celana
  3. Menggunakan alas kaki tertutup.
  4. Topi dan segala aksesoris yang berlebihan tidak diperbolehkan untuk dikenakan selama di dalam ruangan laboratorium

Perempuan :


  1. Menggunakan baju dan rok yang sopan dan rapih dengan ketentuan sebagai berikut : Kemeja tidak tembus pandang/ketat/sobek, dan Tidak berbahan rajut/kaos
  2. Bagi yang tidak menggunakan hijab, diperbolehkan menggunakan rok pendek dengan ketentuan panjang rok di bawah lutut.
  3. Menggunakan alas kaki tertutup
  4. Topi dan segala aksesoris yang berlebihan tidak diperbolehkan untuk dikenakan selama di dalam ruangan laboratorium

ALUR PELAKSANAAN PRAKTIKUM

Alur Pelaksanaan Praktikum OFFLINE :


  1. Hadir ke ruangan dengan tepat waktu.
  2. Pada pertemuan ke-1 wajib membawa foto formal (background biru/merah) berukuran 2x3.
  3. Menyerahkan kartu praktikum kepada PJ (Penanggung Jawab) ataupun Asisten yang bertugas.
  4. Mencari tempat duduk dengan tertib.
  5. Masuk ke website praktikum.
  6. Mengerjakan Pre Test.
  7. Menyimak penjelasan materi yang disampaikan oleh PJ dan turut mempraktekkan implementasi materi yang diperintahkan oleh PJ.
  8. Mengerjakan activity dan submit ke forum pengumpulan activity
  9. Mengerjakan Post Test.
  10. Logout dari website praktikum.
  11. Mematikan komputer laboratorium.
  12. Praktikum selesai dan mahasiswa meninggalkan ruang praktikum dengan tertib.
  13. Mengerjakan dan mengumpulkan Laporan Akhir pada website praktikum sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh PJ.

Alur Pelaksanaan Praktikum ONLINE :


  1. Masuk ke website praktikum dengan tepat waktu..
  2. Join google meet sesuai dengan waktu yang sudah di tentukan dengan penamaan akun google : Kelas_Nama.
  3. Mengerjakan Pre Test.
  4. Menonton video materi yang diberikan oleh PJ.
  5. Mengerjakan Activity.
  6. Mengerjakan Post Test.
  7. Praktikum selesai dan dapat meninggalkan ruang gmeet
  8. Mengerjakan dan mengumpulkan Laporan Akhir pada website praktikum sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh PJ.

TASK YANG HARUS DIKERJAKAN

  1. Pre Test (Berupa soal pilihan ganda, waktu pengerjaan selama jam praktikum).
  2. Activity (Berupa soal isian singkat seputar implementasi dari materi, waktu pengerjaan selama jam praktikum).
  3. Post Test (Berupa soal pilihan ganda, waktu pengerjaan selama jam praktikum).
  4. Laporan Akhir (Berupa soal essay yang diberikan oleh PJ sebagai syarat untuk menghadiri praktikum pertemuan berikutnya, waktu pengerjaan 5 hari setelah praktikum).

ALUR PELAYANAN

Alur Pelayanan Lapor Berhalangan Hadir


Segala bentuk pelaporan (izin/sakit/terlambat) bertujuan agar mahasiswa mendapatkan surat izin masuk pertemuan selanjutnya. Jika terdapat mahasiswa yang tidak memiliki surat izin masuk tersebut, mahasiswa tidak diperbolehkan untuk mengikuti praktikum.

a. Alasan tidak hadir praktikum :

  1. Sakit (rawat inap & non-rawat inap)
  2. Izin (izin kampus, izin keluarga, izin dengan alasan lain)
  3. Keterlambatan dengan alasan gangguan kereta/gangguan kendaraan pribadi/jaringan internet (jika online)
  4. Tidak diperbolehkan masuk karena tidak memenuhi syarat (misal tidak membawa kartu praktikum, dsb.)

b. Mahasiswa melapor ke hotline LabTI atau meja pelayanan E535 maksimal H-1 sebelum pertemuan praktikum selanjutnya dengan menyertakan bukti/alasan berhalangan hadir. Berikut dokumen yang harus disiapkan jika melakukan pelaporan :

Alasan Tidak Hadir Praktikum Dokumen Pelaporan
Sakit Rawat Inap
  1. Kartu praktikum
  2. Surat sakit dari rumah sakit/klinik
Sakit Non Rawat Inap
  1. Kartu praktikum
  2. Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
  3. 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
Izin Keluarga
  1. Kartu praktikum
  2. Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
  3. 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
Tidak diperbolehkan masuk karena tidak memenuhi syarat praktikum
  1. Kartu praktikum
  2. Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
  3. 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
Izin dengan alasan lain (haji, umroh, dan lain-lain)
  1. Kartu praktikum
  2. Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
  3. 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
Terlambat karena melebihi batas waktu praktikum (batas keterlambatan 15 menit)
  1. Kartu praktikum
  2. Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
  3. 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
Izin Kampus
  1. Kartu praktikum
  2. Surat izin resmi dari kampus
Terlambat karena gangguan kereta
  1. Kartu praktikum
  2. Surat keterangan gangguan kereta dari PT KAI
Terlambat karena kerusakan kendaraan pribadi (Ban bocor, mogok, dsb)
  1. Kartu praktikum
  2. Bon pembayaran dari bengkel
  3. Foto selfie bersama kendaraan yang sedang diperbaiki.

c. Alur Pelaporan Offline

Untuk seluruh tingkat 1, 2 dan 3 (mata praktikum offline dan online), jika mahasiswa berhalangan hadir (izin/sakit/terlambat) wajib untuk melapor dengan alur pelaporan sebagai berikut :

d. Alur Pelaporan Online

Pelaporan online dilakukan melalui hotline labti dan hanya berlaku untuk mahasiswa tingkat 4. Adapun alur pelaporan sebagai berikut :

Alur Pelayanan Lapor Mahasiswa Pengulangan


  1. Mahasiswa mengisi KRS online.
  2. Mahasiswa melapor ke hotline LabTI dengan menyertakan KRS online (lengkap dengan foto diri, identitas diri, dan mata praktikum yang akan diulang).

Alur Pelayanan Mahasiswa Crosscheck / Komplain Nilai


  1. Mahasiswa menyiapkan bukti berupa screenshot nilai.
  2. Mahasiswa melapor ke hotline LabTI dengan menyertakan bukti screenshot nilai

JAM PRAKTIKUM

Sesi Jam Praktikum
Shift 1 07.30 - 09.30
Shift 2 09.30 - 11.30
Shift 3 11.30 - 13.30
Shift 4 13.30 - 15.30
Shift 5 15.30 - 17.30

Depok, Cengkareng, dan Karawaci

  •   E535 Universitas Gunadarma
  • Jl. Akses UI, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok (Khusus Depok)
  •   Hotline : 0812-9303-9350 *

Kalimalang

  •   J1222 Universitas Gunadarma
  • Jl. KH. Noer Ali, Kalimalang, Jakasampurna, Bekasi
  •   Hotline : 0821-2928-8249 *