Tata Tertib
Laboratorium Informatika
TATA TERTIB PRAKTIKUM
Tata Tertib Praktikum OFFLINE :
- Hadir ke ruangan praktikum LabTI dengan tepat waktu, maksimal keterlambatan 15 menit.
- Wajib mengenakan pakaian sesuai dengan aturan yang berlaku.
- Wajib membawa kartu praktikum yang sudah ditempel foto 2x3 dan dicap di setiap pertemuan
praktikum.
- Mengerjakan task sesuai dengan waktu yang diinstruksikan oleh PJ.
- Wajib melapor ke hotline LabTI (online) atau meja pelayanan E535 (offline) jika berhalangan
hadir ataupun terlambat dengan alasan tertentu.
Tata Tertib Praktikum ONLINE :
- Masuk ke website praktikum tepat waktu, maksimal keterlambatan 15 menit.
- Wajib menggunakan pakaian sesuai dengan aturan.
- Wajib join google meet dengan penamaan akun google : Kelas_Nama.
- Mengerjakan task sesuai jadwal praktikum.
- Wajib melapor ke hotline LabTI (online) atau meja pelayanan E535 (offline) jika berhalangan
hadir ataupun terlambat dengan alasan tertentu.
Aturan Berpakaian PRAKTIKUM
Laki - Laki :
-
Rambut rapih sesuai dengan ketentuan panjang rambut yaitu tidak melewati telinga dan kerah
- Mengenakan pakaian berupa kemeja dan bawahan yang sopan dan rapi dengan ketentuan sebagai berikut : Kemeja tidak tembus pandang/ketat/sobek, Kemeja tidak berbahan rajut/kaos, Kemeja wajib dimasukkan ke dalam celana
- Menggunakan alas kaki tertutup.
- Topi dan segala aksesoris yang berlebihan tidak diperbolehkan untuk dikenakan selama di dalam ruangan laboratorium
Perempuan :
-
Menggunakan baju dan rok yang sopan dan rapih dengan ketentuan sebagai berikut : Kemeja tidak tembus pandang/ketat/sobek, dan Tidak berbahan rajut/kaos
- Bagi yang tidak menggunakan hijab, diperbolehkan menggunakan rok pendek dengan ketentuan
panjang rok di bawah lutut.
- Menggunakan alas kaki tertutup
- Topi dan segala aksesoris yang berlebihan tidak diperbolehkan untuk dikenakan selama di dalam ruangan laboratorium
ALUR PELAKSANAAN PRAKTIKUM
Alur Pelaksanaan Praktikum OFFLINE :
- Hadir ke ruangan dengan tepat waktu.
- Pada pertemuan ke-1 wajib membawa foto formal (background biru/merah) berukuran 2x3.
- Menyerahkan kartu praktikum kepada PJ (Penanggung Jawab) ataupun Asisten yang bertugas.
- Mencari tempat duduk dengan tertib.
- Masuk ke website praktikum.
- Mengerjakan Pre Test.
- Menyimak penjelasan materi yang disampaikan oleh PJ dan turut mempraktekkan implementasi
materi yang diperintahkan oleh PJ.
- Mengerjakan activity dan submit ke forum pengumpulan activity
- Mengerjakan Post Test.
- Logout dari website praktikum.
- Mematikan komputer laboratorium.
- Praktikum selesai dan mahasiswa meninggalkan ruang praktikum dengan tertib.
- Mengerjakan dan mengumpulkan Laporan Akhir pada website praktikum sesuai dengan waktu yang
ditentukan oleh PJ.
Alur Pelaksanaan Praktikum ONLINE :
- Masuk ke website praktikum dengan tepat waktu..
- Join google meet sesuai dengan waktu yang sudah di tentukan dengan penamaan akun google :
Kelas_Nama.
- Mengerjakan Pre Test.
- Menonton video materi yang diberikan oleh PJ.
- Mengerjakan Activity.
- Mengerjakan Post Test.
- Praktikum selesai dan dapat meninggalkan ruang gmeet
- Mengerjakan dan mengumpulkan Laporan Akhir pada website praktikum sesuai dengan waktu yang
ditentukan oleh PJ.
TASK YANG HARUS DIKERJAKAN
- Pre Test (Berupa soal pilihan ganda, waktu pengerjaan selama jam praktikum).
- Activity (Berupa soal isian singkat seputar implementasi dari materi, waktu pengerjaan selama
jam praktikum).
- Post Test (Berupa soal pilihan ganda, waktu pengerjaan selama jam praktikum).
- Laporan Akhir (Berupa soal essay yang diberikan oleh PJ sebagai syarat untuk menghadiri
praktikum pertemuan berikutnya, waktu pengerjaan 5 hari setelah praktikum).
ALUR PELAYANAN
Alur Pelayanan Lapor Berhalangan Hadir
Segala bentuk pelaporan (izin/sakit/terlambat) bertujuan agar mahasiswa mendapatkan surat izin masuk
pertemuan selanjutnya. Jika terdapat mahasiswa yang tidak memiliki surat izin masuk tersebut, mahasiswa
tidak diperbolehkan untuk mengikuti praktikum.
a. Alasan tidak hadir praktikum :
- Sakit (rawat inap & non-rawat inap)
- Izin (izin kampus, izin keluarga, izin dengan alasan lain)
- Keterlambatan dengan alasan gangguan kereta/gangguan kendaraan pribadi/jaringan internet (jika
online)
- Tidak diperbolehkan masuk karena tidak memenuhi syarat (misal tidak membawa kartu praktikum, dsb.)
b. Mahasiswa melapor ke hotline LabTI atau meja pelayanan E535 maksimal H-2 sebelum pertemuan praktikum
selanjutnya dengan menyertakan bukti/alasan berhalangan hadir. Berikut dokumen yang harus disiapkan jika
melakukan pelaporan :
| Alasan Tidak Hadir Praktikum |
Dokumen Pelaporan |
| Sakit Rawat Inap |
- Kartu praktikum
- Surat sakit dari rumah sakit/klinik
|
| Sakit Non Rawat Inap |
- Kartu praktikum
- Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
- 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
|
| Izin Keluarga |
- Kartu praktikum
- Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
- 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
|
| Tidak diperbolehkan masuk karena tidak memenuhi syarat praktikum |
- Kartu praktikum
- Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
- 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
|
| Izin dengan alasan lain (haji, umroh, dan lain-lain) |
- Kartu praktikum
- Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
- 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
|
| Terlambat karena melebihi batas waktu praktikum (batas keterlambatan 15 menit) |
- Kartu praktikum
- Surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua/wali beserta tanda tangan orang tua/wali
- 1 lembar fotocopy kartu identitas orang tua/wali yang menandatangani surat pernyataan
|
| Izin Kampus |
- Kartu praktikum
- Surat izin resmi dari kampus
|
| Terlambat karena gangguan kereta |
- Kartu praktikum
- Surat keterangan gangguan kereta dari PT KAI
|
| Terlambat karena kerusakan kendaraan pribadi (Ban bocor, mogok, dsb) |
- Kartu praktikum
- Bon pembayaran dari bengkel
- Foto selfie bersama kendaraan yang sedang diperbaiki.
|
c. Alur pelaporan pelayanan Laboratorium Informatika
Untuk seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma dengan berbagai tingkat yang berhalangan hadir (izin/sakit/terlambat/tidak membawa kartu praktikum) dalam praktikum laboratorium informatika. Wajib untuk melapor dengan alur pelaporan sebagai berikut:
- Mahasiswa tidak dapat hadir dalam praktikum yang sedang berjalan dengan alasan tertentu.
- Mahasiswa melakukan pelaporan Online dengan melampirkan berkas - berkas yang sesuai maksimal pelaporan H-2 sebelum praktikum minggu selanjutnya berlangsung ke WhatsApp Hotline Laboratorium Informatika berupa PDF yang disatukan untuk seluruh berkas - berkasnya. Termasuk untuk kartu praktikum baik halaman depan dan halaman isi.
- Mahasiswa akan mendapatkan memo untuk masuk ke praktikum minggu selanjutnya. Dimohon untuk mengambil memo maksimal hari H praktikum. Apabila praktikum online, setelah mengambil memo harap konfirmasi memo kepada PJ kelas untuk praktikum Online.
Alur Pelayanan Lapor Mahasiswa Pengulangan
- Mahasiswa mengisi KRS online.
- Mahasiswa melapor ke hotline LabTI dengan menyertakan KRS online (lengkap dengan foto diri,
identitas diri, dan mata praktikum yang akan diulang).
Alur Pelayanan Mahasiswa Crosscheck / Komplain Nilai
- Mahasiswa menyiapkan bukti berupa screenshot nilai.
- Mahasiswa melapor ke hotline LabTI dengan menyertakan bukti screenshot nilai
JAM PRAKTIKUM
| Sesi |
Jam Praktikum |
| Shift 1 |
07.30 - 09.30 |
| Shift 2 |
09.30 - 11.30 |
| Shift 3 |
11.30 - 13.30 |
| Shift 4 |
13.30 - 15.30 |
| Shift 5 |
15.30 - 17.30 |